5 Hal Untuk Mengatasi Komputer Lemot Menjadi Seperti Baru Lagi

Sumber : http://masshar2000.com
5 Hal Untuk Mengatasi Komputer Lemot Menjadi Seperti Baru Lagi - Selamat pagi/siang/malam kepada seluruh pembaca blog away, pada kesempatan kali ini. Seperti yang kita ketahui dizaman moderen seperti sekarang ini komputer merupakan suatu perangkat / hardware yang sangat penting untuk membantu pekerjaan dengan cepat dan tepat. Karena hampir seluruh kegiatan dan pekerjaan banyak dilakukan menggunakan komputer. Komputer bukan hanya sekedar untuk membantu pekerjaan, komputer bisa juga untuk hiburan yaitu bermain games. Saat ini komputer begitu banyak jenisnya, merek hingga ukuran yang tersedianya. Berbeda komputer berbeda juga spesifikasi yang dipakai nantinya. Jika hanya digunakan untuk mengetik atau menjalankan Microsoft Office tidak perlu menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi, namun jika komputer digunakan untuk bermain games atau untuk kebutuhan multimedia tentunya spesifikasi yang digunakan haruslah lebih tinggi.

Namun spesifikasi komputer tinggi juga tidak menentukan kinerja komputer lebih cepat walau seharusnya memang lebih cepat. Tapi tidak jarang komputer dengan spesifikasi tinggi tapi tetap lemot atau lambat ketika digunakan. Kenapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana solusinya ? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi komputer lemot menjadi cepat bahkan seperti awal pembelian dengan langkah-langkah yang cukup sederhana. 

Ada beberapa tahapan yang bisa anda terapkan untuk mengatasi komputer anda yang mungkin saat ini lemot atau lambat agar kembali cepat dan nyaman digunakan, diantaranya :

  1. Gunakanlah Sistem Operasi Yang Direkomendasikan Untuk Spesifikasi Komputer Anda
    Banyak sekali orang yang memaksakan untuk memasangkan / install Sistem Operasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer yang dipakai, sehingga mengakibatkan kinerja komputer tidak sesuai yang diharapkan. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian karena biasanya semakin baru Sistem Operasi yang digunakan, maka semakin besar pula spesifikasi komputer yang dibutuhkan. Contohnya jika komputer anda direkomendasikan untuk Windows 7 tapi anda malah memaksakan untuk menginstal Windows 10 maka akan terasa perbedaanya antara anda menggunakan Windows 7 yang memang sudah direkomendasikan dengan memaksakan menggunakan Windows 10 yang belum teruji pada spesifikasi terdahulu.
  2. Matikan Sebagian Visual Efek yang Tidak Penting
    Apa itu Visual Efek ? Sebenarnya dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa Visual Efek ini merupakan Efek yang digunakan untuk mempercantik tampilan dari Sistem Operasi yang digunakan. Namun sayangnya penggunaan Visual Efek ini akan sangat membebani kinerja dari RAM komputer. sehingga komputer anda akan lambat sewaktu digunakan. Namun bagi anda pengguna Sistem Operasi Windows anda bisa mematikan Visual Efek tersebut melalui Start >> Computer >> Klik kanan Propertis >> Advanced System Setting >> Pilih tab Advanced >> Pilih Setting pada bagian Performance >> Scroll ke bawah dan pilih sebagain Visual Efek yang bisa di hilangkan.
  3. Jangan Jalankan Aplikasi yang Tidak diperlukan saat Startup
    Tahukah anda saat komputer pertama kali dijalankan / booting, biasanya ada beberapa aplikasi yang secara otomatis ikut terbuka / berjalan. Aplikasi seperti inilah yang biasanya akan membebani kinerja komputer anda apalagi saat booting biasanya perlu waktu lama sampai muncul dekstop. Dengan mengurangi beberapa aplikasi yang tidak diperlukan saat startup tentunya akan lebih meringankan komputer. Lalu bagaiman caranya ? caranya cukup mudah yaitu anda bisa klik Start >> ketik msconfig pada pencarian / masuk ke RUN ketik msconfig >> Enter >> Startup dan hilangkan centang dari aplikasi yang tidak diperlukan.
  4. Gunakan Satu Antivirus yang Ringan
    Banyak orang beranggapan bahwa memasang 2 antivirus pada komputer akan menjaga komputer lebih aman walaupun sebenarnya kurang begitu menjamin, karena antivirus double hanya akan membebani kinerja komputer. Dengan demikian bukan menyelesaikan masalah melainkan malah bisa memunculkan masalah baru. Sedikit masukan dari saya jika anda ingin menggunakan antivirus pilihlah antivirus yang ringan dan tentunya bisa diupdate karena percuma jika anda pakai antivirus tapi tidak pernah di update.
  5. Matikan Aero Theme
    Jika anda pengguna Sistem Operasi Windows 7, bisanya terdapat fitur Aero Theme untuk mempercantik windows anda, yang bisa menjadi salah satu faktor yang memperlambat kinerja komputer. Untuk mengatasinya anda dapat mematikan fitur Aero Theme dengan mengubahnya ke Basic and High Contrast Themes.
Itu merupakan sebagian hal yang bisa membuat komputer anda kembali bekerja dengan super cepat, karena sebetulnya masih banyak sekali tahapan yang perlu diperhatikan agar komputer anda tetap bisa bekerja dengan cepat, seperti melakuakan Cleanup secara berkala, Defragment Harddisk dengan teratur dan menginstal software yang diperlukan saja.

Sekian untuk kesempatan kali yang bisa saya tuliskan di halaman saya ini, semoga apa yang saya sampaikan disini bisa bermanfaat bagi pembaca khususnya penulis sendiri. Jangan lupa untuk komentari artikel ini

3 Comments

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

  1. Untuk bagian nomor tiga bisa tolong di jelaskan semua aplikasi yang tidak penting pak, saya pernah melakukan kesalahan di bagian ini, hingga berujung install ulang :) terimakasih sebelumnya :)

    #BTW saya tunggu jawaban dan rekomendasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sebelumnya mas Arief , aplikasi yang tidak penting disana beberapa Aplikasi yang secara otomatis ikut terbuka / berjalan. Contohnya : kalau pada komputer saya ada aplikasi Cannon dan Uttorent yang selalu melakukan autostart.

      Cara menonaktifkannya bisa melalui msconfig atau jika ada pengaturan pada aplikasinya bisa langsung.

      untuk masalah yang pernah dialami mas arif mungkin saat itu mas arif salah mematikan aplikasi karena pada bagian starup di msconfig itu ada beberapa aplikasi penting yang tidak boleh di matikan. Untuk melihat perbedaannya lihat pada bagian Command jika lokasi pada windows itu berhubungan dengan sistem jika lokasi pada program file itu berhubungan dengan aplikasi dan driver.

      jadi sebenarnya perlu pengenalan juga terhadap aplikasi apa saja yang pernah agan instal agar tidak salah mematikannya.:D

      Delete
Previous Post Next Post