Membuat Aplikasi Kalkulator dengan MIT App Inventor

Setelah sebelumnya kita belajar mengenal tools pengembanga aplikasi mobile android dengan menggunakan MIT App Inventor. Pada artikel kali kita akan belajar membuat sebuah aplikasi kalkulator sederhana menggunakan APP Inventor. Pada aplikasi yang akan kita buat ini, terdapat 4 fungsi sederhana yaitu perkalian (X), pertambahan (+), pembagian (/) dan pengurangan (-).

Seperti biasanya untuk memulai pembuatan aplikasi dengan MIT App Inventor anda harus membuka http://ai2.appinventor.mit.edu lalu buat sebuah project baru dengan nama kalkulator atau anda dapat membuka aplikasi versi offlinenya dengan menjalankan aplikasi MIT App Inventor yang sudah anda instalkan di komputer kemudian melalui web browser ketikan alamat https://localhost:8888. 

Selanjutnya buatlah tampilan aplikasi kalkulator yang akan kita buat nantinya kurang lebih sebagai berikut :
 

Adapun komponen-komponen yang digunakan yaitu :
  • Label
  • Button
  • Table Arrangement

Pada Tampilan GUI tersebut saya menggunakan 19 Button ( Tombol ). Dimana masing masing button memiliki fungsi berdasarkan Text yang saya buat. Lalu setelah selesai membuat GUI dengan tampilan seperti di atas. Maka dilanjutkan dengan membuat code blocks nya.

Untuk blocksnya terdapat inisialisasi 3 inisialisasi global yaitu, inisiliasi nilai_sebelumnya, nilai_aktif dan operator. Dimana inisialisasi nilai_aktif digunakan untuk meng-inisialisasi variabel angka yang di masukkan, sedangkan variabel nilai_sebelumnya adalah variabel angka setelah kita memasukkan angka baru, sedangkan variabel operator adalah variabel yang menunjukkan operator.

Selanjutnya adalah membuat sebuah prosedur agar ketika tombol angka di klik maka akan menampilkan variabel angka. Berikut blocksnya.
Lalu panggil prosedur tersebut menggunakan blocks seperti dibawah, lakukan duplicating ( duplikasi ) untuk tombol angka angka lainnya. Tinggal mengubah nama button satu dengan nama button lainnya.
Selanjutnya buatlah blocks untuk tombol reset dimana fungsinya agar tombol reset dapat bekerja, dimana semua variabel akan di-set ke “0” ( nol ).

Lalu blocks selanjutnya adalah membuat sebuah blocks operator dimana kita akan membuat operator dapat melakukan operasi matematika yaitu pertambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian dan perpangkatan. Dimana bila dilihat pada blocks dibawah, bahwa ketika prosedur tomboloperator dipanggil maka ketika variabel global nilai_sebelunmnya tidak sama dengan 0 maka akan di lakukan pengubahan variabel text pada label2 menjadi text yang tertera pada operator, ketika kita menekan tombol “X” maka akan tampil di label2 menjadi “X” yang artinya perkalian.
Lalu selanjutnya fungsi tersebut akan dipanggil ketika tombol operator ditekan dengan menggunakan blocks seperti dibawah ini.
Setelah itu kita tambahkan blocks sama dengan dimana pada blocks tersebut kita akan melakukan operasi matematika tergantung dari operator mana yang telah pilih sebelumnya. Dimana pada saat kita menekan operator maka operator tersebut akan masuk pada variabel global operator selanjutnya variabel tersebut akan dipanggil pada saat kita menekan tombol “sama dengan”, dimana operasi matematika tergantung variabel operator yang kita gunakan.
Setelah selesai melakukan konfigurasi blocks selanjutnya coba build ke format .apk dan jalankan aplikasi yang kita buat.


Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

Previous Post Next Post