Membuat Splash Screen Sederhana Pada MIT App Inventor


Splash screen adalah tampilan pertama program yang muncul sementara sebelum masuk ke menu utama. Splash Screen atau loading page sangat berguna sebagai gerbang utama aplikasi sebelum aplikasi tersebut menampilkan fitur utamanya. Selain itu juga Splash Screen berguna untuk mempercantik aplikasi android kita agar terlihat profesional. Umumnya , splashscreen di gunakan untuk menampilkan logo-logo perusaahan, logo-logo nama developer.

Pada tutorial MIT App Inventor kali ini, kita akan mencoba membahas dan membuat sebuah Splash Screen pada aplikasi Android dengan menggunakan MIT App Inventor.

  • Langkah pertama, Buatlah sebuah Projek Baru

  • Kemudian aturlah tampilan layar splash screen sesuai dengan yang anda inginkan. Biasanya kita dapat menggunakan logo atau gambar serta teks yang sekiranya dibutuhkan. Adapun pada splash screen yang saya buat disini menggunakan komponen image, timer . Jangan lupa untuk mensetting interval timer sesuai yang anda butuhkan pada bagian propertis. Perlu diketahui timeinterval 1000 = 1 detik.

  • Kemudian pada bagian block masukan kode block sebagai berikut.
  • Selanjutnya, tambahkan screen baru “Screen2” untuk memastikan bahwa Splash Screen berjalan atau tidak. 

  • Langkah terakhir adalah pengujian. Jalankan aplikasi melalui Emulator atau langsung ke mobile device yang anda miliki.

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

Previous Post Next Post