Pilih MIT App Inventor atau Thunkable

Tahukah anda ? ternyata selain App Inventor banyak juga aplikasi lainnya yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan mudah. Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai tools pengembangan aplikasi mobile khususnya android yang sangat mudah dan tentunya tidak ribet. Dengan menggunakan MIT App Inventor kita dapat membuat aplikasi seperti apa saja dengan cara drag and drop saja. Sehingga bagi ada yang merasa baru terjun kedunia programming pun mungkin akan sangat mudah sekali untuk mempelajarinya. Itu karena MIT App Inventor ini bahanya berupa bahasa Inggris yang setidaknya dapat kita pahami.

Nah, buat anda yang ingin mencoba mengembangkan aplikasi Android dan IOS sebenarnya ada aplikasi yang sama dengan MIT App Inventor yaitu Thunkable.com. Jika diperhatikan, dari segi tampilan dan cara penggunaan sama, yaitu sama-sama menggunakan cara drag and drop. Kelebihan dari Thunkable.com ini yaitu kita dapat membuat aplikasi mobile tidak hanya untuk Android saja melainkan untuk Android dan IOS pun bisa dibuat. Selain itu juga, bagi anda yang berencana ingin meraup dollar dari aplikasi yang sudah anda buat, anda juga dapat memasang AdMob untuk mendapatkan dollar - dollar tersebut. Thunkable.com menyediakan lebih banyak fitur yang tidak tersedia di MIT App Inventor sehingga jika dilihat dan diamati aplikasi tersebut cocok untuk pengembangan aplikasi mobile bagi anda yang sudah jago dan anda yang masih belajar.

Sayangnya Thunkable.com sendiri hingga saat ini belum tersedia versi offlinya sedangkan untuk MIT App Inventor sendiri sudah memiliki versi offline yang sudah mencapai versi 4.3. Sehingga jika anda ingin menggunakan aplikasi thunkable tersebut kita harus membuka alamanya terlebih dahulu di thunkable.com dan pastikan kuota internet andaa tersedia.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

Previous Post Next Post