Membuat Aplikasi Mobile Android dengan MIT App Inventor

Teknologi yang semakin berkembang memang membuat segala hal menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya adalah dalam membuat suatu aplikasi mobile. Jika dulu dalam membuat suatu aplikasi mobile dibutuhkan pengetahuan bahasa pemrograman dan juga penguasaan tools yang cukup baik, akan tetapi tidak dijaman sekarang. Anda dapat membuat sebuah aplikasi mobile hanya dengan mengikuti panduan yang diberikan dan sedikit kreativitas. Sebenarnya dalam membuat suatu program yang dibutuhkan paling utama adalah membangun suatu logika. Selanjutnya gunakanlah tools yang memang mudah untuk anda pahami. salah satu contohnya anda dapat menggunakan aplikasi App Inventor.

Apa itu App Inventor ?

App Inventor for Android adalah aplikasi yang pada dasarnya disediakan oleh Google dan dikelola bersama MIT ( Massachusetts Institute of Technology). App Inventor ini diperuntukan bagi mereka yang ingin membuat sebuah aplikasi mobile untuk sistem operasi Android. Jika diamati sekilas aplikasi App Inventor ini tidak jauh seperti halnya aplikasi pemrograman berbasis Dekstop (Vb dan delphi). Hanya saja yang membedakan, App Inventor ini dijalankan melalui browser sehingga memerlukan koneksi internet ketika menjalankannya. Akan tetapi untuk versi offlinenya pun kini dapat anda nikmati dan instal di komputer anda masing - masing sehingga meskipun tidak ada koneksi internet anda dapat tetap menggunakan aplikasi App Inventor ini. Untuk mengakses App Inventor yang versi online anda dapat mengaksesnya di http://appinventor.mit.edu



App inventor menggunakan KawaLanguage Framework dan Kawa's dialect yang dikembangkan oleh Per Brother. Kedua aplikasi tersebut didistribusikan sebagai bagian dari GNU operating system oleh Free Software Foundation. Kedua aplikasi tersebut dijadikan sebagai compiler dan menerjemakan Visual Block Programming untuk diimplementasikan pada platform android. App inventor sekarang dipegang dan dikembangkan langsung oleh MIT Center of Mobile Learning sehingga namanya pun sedikit berubah menjadi MIT App Inventor.
App Inventor adalah sebuah pemrograman visual yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan dukungan fitur berupa drag and drop tool. Selain itu juga anda dapat mendesain user interfae dari sebuah aplikasi dengan menggunakan tampilan web GUI (Graphical User Interface) builder, kemudian anda dapat menspesifikasikan behavior aplikasi dengan memasang blok yang sesuai seperti saat anda bermain puzzle.

Kemampuan apa yang dimiliki App Inventor ?

Banyak hal yang menyenangkan yang anda dapatkan jika belajar menggunakan App Inventor. kesenangan tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Just For Fun. Membuat aplikasi pada perangkat mobile sangatlah menyenangkan dengan App Inventor karena aplikasi tersebut menawarkan proses eksplorasi dan discovery yang berbeda dari aplikasi pemrograman pada umumnya. Selain itu juga aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja termasuk anda yang buka seorang programer sekalipun. Karena yang perlu anda pelajari hanyalah logika, algoritma dan juga bahasa Inggris karena pemrograman App Inventor ini menggunakan bahasa Inggris. 
  2. Prototype. Prototype adalah sebuah model kasar dan belum lengkap, akan tetapi telah mewakili ide dasar anda. Sehingga dengan menggunakan App Inventor ini anda dapat menuangkan ide – ide kreatif anda untuk membuat suatu aplikasi.
  3. Membangun aplikasi sesuai dengan kepribadian. Pada suatu keadaan di dunia aplikasi mobile, mungkin anda akan berhenti pada suatu keadaan dengan aplikasi yang telah digunakan. Sehingga banyak orang yang akan mengkomplain mengenai aplikasi yang diharapkan dapat dipersonalisasikan dan disesuaikan dengan seadanya. Dengan menggunakan App Inventor inilah anda dapat membangun sebuah aplikasi seperti yang anda inginkan.
  4. Membangun aplikasi secara lengkap. Sebenarnya App Inventor ini tidak hanya digunaakan untuk membuat prototype system atau membuat desain tampilan luar saja. Akan tetapi anda dapat membangun secara utuh suatu aplikasi yang anda inginkan hingga aplikasi tersebut dapat dioperasikan.
  5. Teach and Learn. Tidak peduli anda dari sekolah menengah, sekolah tinggi atau universitas, App Inventor adalah sebuah Guru dan peralatan belajar yang paling efisien. Hal ini sangat baik untuk anda yang ingin belajar tentang sains komputer. Kuncinya, anda dapt belajar pada saat membuat aplikasi.

Kebanyakan orang berpikir, bahwa App Inventor ini sangat mudah digunakan. Bahkan ada yang bilang App Inventor ini lebih cocok digunakan ditingkat programmer awam atau mereka yang mau belajar pemrograman aplikasi mobile. Namun pada kenyataanya banyak diantara mereka yang tidak dapat membuat aplikasi mobile menggunakan App Inventor tersebut. Hal ini dikarnakan cara pembuatan aplikasi di App Inventor sangat berbeda dengan pembuatan aplikasi pada umumnya. Sebetulnya dalam membuat suatu perogram kunci utamanya bukan menguasai tool melainkan menguasai logika dari perogram yang kita kembangkan.

Ref : Buku Pemrograman Android dengan App Inventor , Penerbit Andi

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

Previous Post Next Post