Contoh Kasus Penggunaan Array : Membuat Aplikasi Sederhana Untuk Melacak Daftar Tugas

Dalam aplikasi ini, kita akan menggunakan array untuk menyimpan daftar tugas yang pengguna tambahkan dan memungkinkan mereka untuk melihat, menandai sebagai selesai tugas tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

Desain Tampilan Aplikasi:

Buat layar aplikasi dengan tiga komponen utama: satu Text box untuk pengguna memasukkan tugas baru, satu Button "Tambahkan Tugas" untuk menambahkan tugas ke daftar, dan satu komponen ListView untuk menampilkan daftar tugas. 

 

Membuat Variabel Global:

Pertama, Anda perlu membuat variabel global sebagai array atau menyimpan daftar tugas. Misalnya beri nama variabel ini "daftartugas". Selain itu juga kita perlu membuat variabel global lainya dan berikan nama "index". 

Menambahkan dan Menampilkan Tugas ke Array:

Saat tombol "Tambahkan Tugas" diklik, gunakan blok kode berikut:


Ini akan menambahkan teks dari TextBox Tugas ke dalam array DaftarTugas. Selain itu juga DaftarTugas akan ditampilkan pada komponen List View dibawahnya.

Menandai Sebagai Selesai atau Menghapus Tugas:

Ketika pengguna mengklik salah satu elemen dalam ListView (tugas yang ingin ditandai sebagai selesai), Anda dapat menggunakan blok kode untuk menandai tugas tersebut sebagai selesai.

 
 
Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menambahkan tugas, melihat daftar tugas yang sudah ada, dan menandai tugas sebagai selesai atau menghapusnya. Contoh ini menunjukkan bagaimana array dapat digunakan untuk mengelola data dalam aplikasi dan memberikan fungsionalitas yang berguna kepada pengguna.

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

Previous Post Next Post