Cara Membuat Website Gratis Sendiri

Cara Membuat Website Gratis Sendiri
Cara Membuat Website Gratis Sendiri - Selamat malam teman-teman ku semua, pada kesempatan kali saya akan posting mengenai bagaimana cara membuat website dengan mudah yang pastinya gratis terutama bagi anda yang ingin membuat sebuah toko online.

Di era seperti sekarang ini mungkin yang namanya web sudah tidak asing lagi di mata kita terutama bagi teman-teman yang selalu berselancar di dunia maya. Website bisa disebut sebagai kebutuhan terpenting jika anda ingin menjalankan usaha yang berhubungan dengan online. Salah satunya seperti bisnis online. Yang dimana website tersebut nantinya akan menjadi perantara antara pengunjung / konsumen  dengan anda sebagai pelaku bisnis. 

Sebetulnya tidak begitu sulit membuat suatu website, karena sudah banyak sekali cara membuat website yang instan sehingga anda pun yang tidak pernah mengerti sebelumnya mengenai website mungkin akan bisa membuatnya. Jika anda tidak ingin bingung mungkin anda bisa membayar / membeli web dari jasa pembuatan website sehingga anda tinggal terima jadi saja nantinya.

Namun pernah kah anda merasa bingung dengan istilah website dan blog ? sebetulnya website dan blog itu apa sih bedanya ?. Pada dasarnya sebetulnya sama antara website maupun blog, hanya saja kalau menurut saya mungkin dari fungsi dan pengalamatan (domain) saja yang berbeda. Dimana website lebih memiliki fungsi khusus sepertihalnya website pemerintahan , toko online atau rumah sakit. Sedangkan blog memiliki fungsi yang general (umum) seperti halnya blog tutorial. Sedangkan dari pengalamatan, website menggunakan domain TLD (top level domain) sedangkan blog menggunakan subdomain.
Cara Membuat Website Gratis Sendiri

Lalu bagaiman agar anda bisa membuat suatu website ? mungkin beberapa cara yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut :

  1. Membuat website dengan cara Instan - membuat website dengan cara ini merupakan cara tercepat dalam pembuatan suatu website selain itu juga gratis. Contoh paling mudah adalah membuat website dengan blog (blogspot,wordpress,tumblr, dan lain sebagainya). Meskipun cara ini merupakan cara membuat website paling instan / mudah namun cara ini memiliki tingkat kelemahan dalam hal fleksibilitas pembuatan sehingga akan sulit sekali dalam pengembangannya.
  2. Membuat website dengan CMS atau Content  Management System - untuk cara yang kedua ini relatif cepat sepertihalnya cara pembuatan website pada no.1, namun kelebihannya lebih fleksibilitas dalam pembuatan website. Hanya saja anda memerlukan sebuah Hosting (penyimpanan ) agar anda bisa menyimpan website anda. Apakah untuk mendapatkan hosting kita harus membayar ?? ya tentu untuk memiliki suatu hosting ada harus membelinya namun jika anda ingin yang gratis tenang saja karena di berapa penyedia hosting biasanya menawarkan hosting yang gratis.
  3. Membuat website dengan Framework  - cara yang ketiga ini merupakan cara yang memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi hanya saja anda harus memiliki kemampuan web programming untuk menggunakan cara tersebut.
  4. Membuat website dengan cara Web Programming - Ini merupakan cara terakhir yang saya ketahui cara ini merupakan cara yang paling fleksibel, karena anda bisa mengatur desain dari website yang anda inginkan dengan sesuka hati. Namun sayangnya jika anda menggunakan teknik ke 4 ini selain ada harus menguasai web programing, waktu yang dibutuhkan untuk membuat suatu website juga akan cukup lama.
Nah, kira - kira anda pilih cara yang mana untuk membuat website yang anda butuhkan ? untuk setiap cara membuat website lebih detailnya anda bisa cari di blog lain. Maaf jika yang saya sampaikan saat ini hanya sedikit, mungkin di lain kesempatan akan saya jelaskan satu per satu. Jangan lupa untuk koment dan jika berkenan join this site ok.



9 Comments

Silahkan kirimkan komentar bijak anda disini.

  1. Wah bagus, bermanfaat untuk newbie. Hehehe

    ReplyDelete
  2. nice post gan, pengen sih punya domain tld

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga pengen TLD cuma lgi pikir2 dulu gan

      Delete
  3. Ooh begtu ya gan cara membuat website gratis..
    Ijin coba ya gan.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu yang saya ketahui gan,,, pasti bisa lah :D

      Delete
  4. Custom domain tld bikin visitor turun drastis gan, jd harus fikir-fikir lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan , itu yang bikin saya malas ngerubah nama blog ini karena harus kerja 2x nantinya buat ningkatin trafiknya.

      Delete
    2. kalau mau aman pasang tld nya dari awal jadi gak perlu merubah di pertengahan

      Delete
Previous Post Next Post